Sekolah Angkasa!
We are the First!

Sekolah Angkasa!
We are the Team!

Sekolah Angkasa!
We are the One!

Sekolah Angkasa!
We are Tri Abdi Angkasa Nusantara!

Demikian yel-yel menggema dari seluruh peserta sebelum memulai acara workshop di pagi hari. Acara yang bertajuk “Workshop Peningkatan Mutu dan Pengembangan Rintisan Sekolah Unggulan Angkasa” ini diikuti oleh 102 peserta perwakilan Guru, Kepala Sekolah dan Pengurus Perwakilan dan Cabang Yasarini dari 21 sekolah pilihan. Acara dilaksanakan selama 3 hari, 15 – 17 September 2017 bertempat di Golden Tulip Holland Resort, Kota Batu – Jawa Timur. Ke – 21 Sekolah Rintisan Sekolah Unggulan Angkasa mulai dari tingkat PAUD, SD/MI, SMP, SMA, SMK, dan SLB ABC yang telah ditetapkan oleh Yasarini bersama LPI Sabilillah Malang ini akan dijadikan Sekolah Unggulan Angkasa, dan akan dikembangkan sebagai sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah Angkasa yang lain.

Ketua Umum Yasarini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, “Agar penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik di segala lapisan pengelolaan pendidikan telah dikembangkan Pedoman Pelaksanaan Program Pendidikan yang meliputi: Pedoman Pendidikan Sekolah Angkasa, Pedoman Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Pedoman Tata Kelola Keuangan, dan Pedoman Tata Kelola Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).” Keempat pilar peningkatan ini menjadi fokus peningkatan mutu Sekolah Angkasa di seluruh Indonesia yang dituangkan dalam sebuah kegiatan workshop kali ini.

Selama 3 hari acara berlangsung, semua peserta dibekali dengan materi-materi peningkatan mutu, dimulai dari sosialisasi dan keterbacaan Pedoman Sekolah Angkasa, Kepemimpinan Pembelajaran Visioner, penyusunan Program Unggulan berdasarkan Visi dan Misi Sekolah, penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah, hingga sosialisasi branding Sekolah Angkasa, Laporan Akuntabilitas Sekolah Angkasa (LAKSA) dan acara Angkasa Math and Science Olympiad (AMSO). Juga dibahas bagaimana pelaksanaan Rakor dan Pemilihan Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi.

“Terima kasih yang luar biasa atas terpilihnya sekolah kami untuk menjadi sekolah rintisan sekolah unggulan Angkasa…,” ungkap Bapak Gabriel, Kepala Sekolah SMP Angkasa, El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur yang merasa sangat bahagia, bangga dan semangat dalam mengemban peningkatan mutu sekolah yang dipimpinnya. “Selain menindaklanjuti kegiatan workshop sebelumnya di Jakarta melalui kegiatan workshop internal guru-guru, kami juga mensosialisasikan inisiatif ini kepada seluruh wali murid. Dukungan penuh kami dapatkan dari mereka, bahkan para wali murid juga menyanggupi untuk melengkapi kebutuhan komputer agar bisa mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Ini yang membuat kami semakin yakin bahwa Sekolah Angkasa Kupang dapat maju dan terus berkembang!,” pungkas beliau.

Semoga rangkaian program peningkatan mutu Sekolah Angkasa yang telah dimulai sejak Agustus 2017 ini terus dapat membara dan menggelora ke setiap Sekolah Angkasa di seluruh Indonesia. Kita Pasti Bisa! (Humas Yasarini).