Air Force Run 2017 menjadi salah satu  rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Indonesia Jaya Expo 2017. Air Force Run adalah lomba lari tahunan dengan kategori jarak 5 km dan 10 km yang digelar dalam rangka HUT PIA Ardhya Garini ke-61.

Acara yang dilaksanakan di Komplek TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya peserta yang terlibat, yakni mencapai 2.200 pelari. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh KASAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Dalam sambutannya KASAU menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud TNI AU dan PIA Ardhya Garini untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat. “Kita juga ingin mengajak masyarakat untuk bisa mengetahui tentang isi Halim sambil menikmati udara segar di sekitar skuadron,” katanya.

Beliau mengaku tak menyangka jika peserta yang mengikuti Air Force Run tahun ini akan begitu banyak. Bahkan, KASAU mengatakan, masih banyak masyarakat yang ingin mendaftarkan diri namun tidak terakomodasi karena kuota yang tersedia hanya sekitar 2000-an lebih. “Ke depan kita akan antisipasi hal itu. Mungkin tahun depan bisa sampai 3000-an,” ujarnya.

Selain menyediakan hadiah dan berbagai door prize, Air Force Run 2017 juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan. Antara lain dari marching band TNI AU, Brass Band  Akademi Angkatan Udara, dan grup band RAN.