Sebanyak 590 Siswa dan 181 Kepsek & Guru Sekolah Angkasa seluruh Indonesia hadir meramaikan acara Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) 2017 yang resmi dibuka oleh Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hari ini, Kamis (23/11) di hanggar Skadron Udara 45, Halim Perdanakusuma. FESA 2017 adalah kali pertamanya Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) yang mengelola seluruh Sekolah-sekolah Angkasa TNI AU di Indonesia menyelenggarakan kegiatan festival pendidikan ini.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan sambutan pembukaan FESA 2017.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengingatkan kembali bahwa FESA 2017 sejalan dengan program Nawacita yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. “Ada 9 program prioritas yang harus dilaksanakan, di antaranya meningkatkan mutu pendidikan,” pesan beliau. FESA 2017 kali ini adalah puncak acara dari rangkaian festival pendidikan yang telah dimulai sejak awal Oktober 2017. Terdapat 4 (empat) kegiatan utama FESA 2017. Dimulai dari kegiatan Angkasa Mathematics and Science Olympiad (AMSO) pada awal Oktober 2017 serempak di seluruh Sekolah Angkasa se-Indonesia, kemudian bersamaan pula pelaksanaan pemilihan Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi Sekolah Angkasa di bulan yang sama. Kegiatan untuk Kepsek dan Guru ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan pemetaan kepala sekolah dan guru Sekolah Angkasa.

Acara FESA 2017 yang akan berlangsung selama 3 hari, Kamis hingga Sabtu (23-24 November). Dua kegiatan lain yang baru dilaksanakan tiga hari pelaksanaan FESA 2017 ini adalah Rakor Kepala Sekolah dan Seminar Olimpiade yang akan membahas persiapan Sekolah-sekolah Angkasa mempersiapkan kegiatan tahunan AMSO dan strategi siswa Sekolah Angkasa mengikuti kegiatan Olimpiade Nasional maupun Internasional.

 

Kunjungan Pengurus Perwakilan & Cabang Yasarini ke PAUD KM “0”

Selesai acara pembukaan, Ibu Hj. Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Yasarini berkesempatan mengajak para jajaran pengurus Yasarini Perwakilan dan Cabang berkunjung ke PAUD KM “0” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Diterima langsung oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ibu Ella Yulaelawati, M.A., Ph.D, rombongan melihat langsung ruang kelas di PAUD KM “0” dan penjelasan seputar konsep pendidikan PAUD dan berbagai fasilitasnya.

Ketua Umum Yasarini bersama jajaran pengurus Yasarini Perwakilan dan Cabang berkunjung ke PAUD KM “0”.

 

Final AMSO, Kepala Sekolah & Guru Berprestasi dan Seminar Olimpiade

Menjadi inti acara FESA 2017 adalah pelaksanaan babak final AMSO, dimana 590 siswa pilihan dari 14.000 siswa melaksanakan babak final. Babak final AMSO memperlombakan sejumlah mata pelajaran. Untuk tingkat SD, melombakan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; untuk SMP melombakan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA melombakan Matematika, Fisika, Geografi, dan Ekonomi.

Tes tulis peserta Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi Sekolah Angkasa 2017.

Di lain ruang, para Kepala Sekolah dan Guru melaksanakan Tes Tulis sebagai bagian dari pemilihan Kepala Sekolah & Guru Berprestasi. Setelahnya mereka juga mempresentasikan karya tulis ilmiah yang telah dikirimkan ke Panitia sebelumnya. Seluruh Kepala Sekolah dan Guru terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Terdapat 96 Kepala Sekolah yang terpilih dari 141 peserta, dan 85 finalis Guru yang terpilih dari 282 guru di babak penyisihan.

Kegiatan AMSO yang rencananya akan diadakan setiap tahun ini tentu butuh perencanaan bagi pendidik dan peserta didik Sekolah Angkasa untuk mengikutinya dan mendapatkan hasil maksimal. Karena itulah di hari pertama ini juga digelar Seminar Olimpiade bertajuk “Sekolah Angkasa Semakin Berprestasi”. Tim LPI Sabilillah Malang membagikan berbagai panduan, petunjuk hingga tips & trik dalam mempersiapkan mengikuti Olimpiade Matematikan dan Sains di lingkungan Sekolah Angkasa.

 

Wisata Edukasi di TMII

Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi siswa Sekolah Angkasa saat mengikuti perjalanan Wisata Edukasi di lingkungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum Penerangan dan Museum Listrik menjadi lokasi kunjungan pertama siswa-siswa Sekolah Angkasa setelah mereka menghabiskan makan siang. Keriangan tampak di wajah mereka saat mengamati setiap objek di kedua museum tersebut saat dipandu petugas museum. Di akhir kunjungan seluruh siswa mendapat kesempatan menonton film layar lebar di Theatre Imax TMII. Lagi-lagi ini menjadi pengalaman tersendiri menonton film di layar super besar yang memberikan pengalaman berbeda dibandingkan menonton film di bioskop sebelumnya. Tepat jam 5 sore seluruh siswa menyelesaikan rangkaian kunjungan di TMII dan meluncur ke penginapan yang telah disediakan Panitia Yasarini.

Keceriaan Siswa Sekolah Angkasa di Theatre Imax TMII.