Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ibu Hj. Nanny Hadi Tjahjanto memberikan pembekalan kepada perwira siswa dan istri siswa Sekkau (Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara) Angkatan ke-102 Tahun Pendidikan 2017, di Jakarta (11/12).

Ibu Nanny dalam pembekalan ini mengingatkan bahwa Sekkau sebagai jenjang pendidikan pengembangan umum adalah bertujuan untuk menyiapkan Perwira Angkatan Udara menjadi kader-kader pimpinan TNI AU dan TNI masa yang akan datang. “Oleh karena itu saya merasa perlu mengingatkan ibu-ibu agar mempersiapkan diri dengan baik. Melalui berbagai upaya pengembangan diri untuk bekal tugas mendampingi suami yang akan datang pada strata yang lebih tinggi,” ungkap beliau.

Ada dua hal yang menarik disampaikan bahwa para istri dapat mengimbangi suami dapat berjalan dengan baik walaupun tidak ada lembaga pendidikan formal. Ternyata kuncinya adalah “berorganisasi” dan “dibimbing suami”. Dengan kedua hal tersebut yang membentuk dan mewarnai kita secara berjenjang dan berkelanjutan dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, berorganisasi maupun dalam sosial kemasyarakatan. Ibu Nanny juga menyampakan tiga peran para istri, yaitu peran sebagai pendamping suami, peran sebagai ibu rumah tangga dan peran sebagai warga masyarakat. Ketiga peran tersebut harus dapat dilakukan dengan baik, serasi dan seimbang.

Di akhir pembekalan, Ibu Nanny juga menyampaikan pesan khusus bagi Perwira Siswa Wara. Tugas utama Wara sebagai militer adalah mengabdikan dirinya kepada negara dan bangsa sesuai dengan bidang masing-masing yang dilandasi oleh rasa kesetiaan atau loyalitas, berjuang tanpa pamrih dan tuntutan-tuntutan lainnya yang merupakan jabaran dari Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. “Sebagai seorang wanita yang militer dan sebagai seorang militer yang wanita, merupakan dua sisi peran yang harus sekaligus dijalankan,” pesan beliau kepada para Wara.