Kepala Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Disfolahta) TNI AU Marsekal Pertama TNI Ir. Andaruna Setiawan, M.M., dan Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Anang Latif menandatangani Perjanjian Kerjasama Sinergi Bidang Komunikasi dan Informatika dalam Program Kewajiban Pelayanan Universal, Rabu (21/2) di Ruang Rapat Disfolahta, Mabes TNI, Cilangkap. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini adalah sebagai tindak lanjut kesepakatan antara TNI AU dan Kemenkominfo yang telah menandatangani Piagam Kerjasama bidang Komunikasi & Informatika dan pertahanan negara pada 13 Desember 2017 lalu.

BP3TI yang memiliki peran melaksanakan penyediaan dan pengelolaan pembiayaan telekomunikasi dan informatika yang berkaitan dengan pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Universal / Universal Service Obligation (KPU/USO) ini akan memberikan/menyediakan fasilitas koneksi Palapa Ring kepada satuan kerja TNI AU, penyediaan akses layanan BTS Mikro, akses Internet dan dukungan terhadap fasilitas kerjasama dengan penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi. Sementara TNI AU akan memberikan dukungan terhadap kelancaran tugas BP3TI dalam menjalankan perannya dalam pemerataan akses telekomunikasi dan informatika di Indonesia.

Marsekal Pertama TNI Ir. Andaruna Setiawan, M.M. dalam sambutannya sangat mengapresiasi tercapainya penandatanganan perjanjian ini yang akan semakin mendukung dan memperkuat peran TNI dalam menjaga pertahanan matra udara. “Dukungan BP3TI dalam program aksesibilitas telekomunikasi dan informatika pada daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang juga menjadi lokasi satuan kerja TNI AU (yaitu Lanud dan Satuan Radar) dan tersambungnya seluruh satker TNI pada jaringan Palapa Ring akan memberikan penguatan tugas dan peran TNI AU saat ini dan masa depan,” disampaikan Bapak Andaruna. Dukungan akses Internet juga akan dapat dinikmati di fasilitas umum, fasilitas kesehatan dan pendidikan yaitu Sekolah-sekolah Angkasa yang berada di lingkungan lanud TNI AU.

Sementara Dirut BP3TI Bapak Anang Latif juga turut berbangga dan senang, “Kami sangat bangga dan senang dapat membantu penyediaan dan pengelolaan sarana telekomunikasi dan informatika di bidang pertahanan udara TNI AU, dan secara bersamaan kami juga akan mendapatkan dukungan operasional dari pihak TNI AU”. Salah satu kesepakatan pada sinergi TNI AU – BP3TI ini, TNI AU akan memberikan dukungan pengangkutan materiil Palapa Ring, Akses Internet, BTS mikro, dan personel BP3TI. Hal ini sangat membantu program BP3TI diantaranya pembangunan BTS di daerah yang tidak dilirik secara bisnis oleh pihak swasta.