Pradita Dirgantara National English Debating Championship ini merupakan ajang kompetisi debat parlementer yang mempertemukan para siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama untuk bertanding dan memperebutkan juara 1, 2, 3 pada rangkaian acara Grand Opening SMA Pradita Dirgantara di Solo.

Acara dibuka oleh DR. Paed. Nurma Yunita Indriyanti M.SS., M.Sc, dan selaku Wakasek Akademik dan Kolonel Adm Doddy Sumardi, S AP sebagai Wakasek Kesiswaan dan Umum serta dihadiri oleh beberapa pejabat Lanud Sumarmo, pengurus Yasarini Pusat dan Cabang SMO, juga para pembimbing peserta masing-masing sekolah.

Lomba pertama yang dilaksanakan pada Kamis, 28 Juni 2018 ini diikuti oleh 16 SMP yang mayoritas berasal dari pulau Jawa dan Sumatra. Dari 16 peserta terseleksi 8 peserta yang berkompetisi hari ini dan hanya ada 3 regu saja yang menjadi juara untuk babak finalnya.

Duduk sebagai juri lomba adalah Kristandi, S.S., MA, dosen Fakultas Sastra UNS, Lucky Lestari, S.Pd., MM, pengurus Yasarini Pusat bidang pembinaan SMA, Desi, S.Pd, guru bahasa Inggris SMA Pradita Dirgantara, dan Gerry, Mahasiswa Kedokteran UNS, debater tingkat nasional.

Kisi-kisi Motion Debate adalah Culture and Art, Education, Social Economy, dan Political Issue. Teknis lomba berkiblat pada teknis World School Debating Championship (WSDC), yang tiap groupnya terdiri dari 3 speakers dengan tugasnya masing-masing. Pelaksanaan lomba hari ini terdiri dari dua tahap yaitu babak penyisihan dan babak utama dengan tiga aspek penilaian yaitu konten, strategi, dan sikap.

Dari lomba ini, SMPN 1 Sragen dan SMP Pangudi Luhur Bintang Laut bertemu di babak Final dan dengan kuat mempertahankan motion masing-masing.  English Debate Championship ini dijuarai oleh SMPN 1 Sragen dengan 1st speaker Anisah Permata Dewi, 2nd speaker Hosana Andy Kurniawan, dan 3rd speaker Muhammad Rizqi Ash Shiddiq. Sebagai runner up dan juara ke 3 seluruhnya disabet oleh SMP Pangudi Luhur Bintang Laut.