Tahun ajaran baru telah di mulai di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Pada 16/7 menjadi hari pertama kegiatan belajar mengajar kembali dilaksanakan. Beberapa Lanud dan pengurus yasarini di berbagai cabang menyambut siswa-siswi baru mulai dari PAUD hingga SMA Angkasa dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) dan Gerakan Angkasa Peduli Lingkungan, secara resmi dimulai melalui sebuah upacara yang berlangsung di hanggar Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (16/7). Kegiatan tersebut ditandai dengan pemasangan topi sekolah secara simbolis dari Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., kepada perwakilan peserta didik baru Sekolah Angkasa se-Jakarta.

Kasau saat memberikan keterangan pers mengatakan, kegiatan MOPDB tahun ajaran 2018-2019 serentak dilaksanakan oleh sekolah-sekolah Angkasa di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk memberikan kebanggaan dan semangat belajar kepada peserta didik baru serta sebagai penyemangat kepada para tenaga pengajar sekolah Angkasa.

Ditempat yang lain Ketua Yasarini Lanud Harry Hadisoemantri Ibu Atit Sukaesi Kisworo, menyematkan tanda siswa-siswi didik baru TK Angkasa, yang disematkan secara simbolis kepada perwakilan siswa dan siswi. Pada acara tersebut dilaksanakan gerakan peduli lingkungan oleh siswa/siswi TK Angkasa Lanud HAD, dengan menyiram tanaman di sekitar halaman sekolah .

Selain itu Yasarini cabang Lanud Wiriadinata beserta siswa-siswi Angkasa memulai pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) tahun ajaran 2018 dengan Gerakan Angkasa Peduli Lingkungan. Lanud Eltari Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari pertama juga melaksanakan hal serupa.

Sementara itu, pada waktu yang bersamaan seluruh peserta didik SD Angkasa mulai dari kelas IV hingga VI melaksanakan kerja bakti di sekitar lingkungan sekolah masing-masing sebagai bentuk gerakan peduli lingkungan.Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam rangka HUT Yasarini Ke-30.