Dalam rangka Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-71 tahun 2018 dan HUT Yasarini ke-30 dipusatkan di Tarakan Kalimantan Utara. Pada 21-22 Juli 2018 di kampung Selumit Pantai, Tarakan Tengah. Kegiatan yang melibatkan Yasarini meliputi Bedah PAUD Merpati Lanud Tarakan, Bedah Sekolah PAUD Merak, dan SD Nurul Islam.

PAUD Merpati Lanud Tarakan berdiri pada tgl 23 Maret 2017 beralamat di jalan Aki Balak RT. 33 kelurahan Karang Ayar Pantai Kecamatan Tarakan Barat Kalimantan Utara. Setelah direnovasi sekolah ini memiliki Luas bangunan 108 m2 dan Luas tanah 240 m2. PAUD Merpati telah memiliki izin operasional, bernomor: 41134/041-IV/ DISDIKBUD. Jumlah murid saat ini sebanyak 23 siswa dan akan terus bertambah.

Selain bedah sekolah juga diberikan bantuan berupa berbagai buku cerita, alat peraga edukasi, alat permainan luar ruangan, sarana sekolah berupa meja belajar, kursi siswa, baju olahraga, tas sekolah dan isinya,serta seragam guru dan berbagai buku Panduan serta buku Kurikulum untuk guru.

Sedangkan PAUD Merak berada di daerah kampung nelayan, Jl. Beringin Rt. 23. no. 3 Selumit Pantai Tarakan Tengah Kalimantan Utara.  PAUD Merak merupakan perkembangan dari Posyandu yang semula hanya berkumpul sebulan sekali dan kemudian menjadi SPS PAUD MERAK. Selain dilakukan Bedah Sekolah juga diberikan bantuan berupa APE ruangan, baju olahraga, tas sekolah, meja belajar, serta kursi siswa. Di tempat yang sama juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada para siswa PAUD Merak yang dilakukan langsung oleh pengurus Yasarini Pusat yang juga mempunyai basic dokter kesehatan diantaranya Kabiddik Yasarini  dr. Dini Irawan, Kabid Pembinaan PAUD Formal & Non Formal dr.Srimpi Paminto Sp. KJ ,  Pusat dan dr.Grace D Sriayuningtyas  Selain itu memberikan pelatihan pada Guru PAUD untuk membuat hiasan kelas.

Selain dilaksanakan bedah sekolah di SD Nurul Islam diberikan bantuan berupa Seragam sekolah untuk seluruh siswa, meja belajar, kursi siswa, tas sekolah, buku buku kebutuhan sekolah serta buku Jus Amma serta seragam bagi seluruh guru. Dalam perjalanan Yasarini yang semakin matang, HUT Yasarini ke 30 tidak hanya mensejahterakan pendidikan anak-anak anggota TNI AU saja, tetapi terus mewarnai Indonesia berbakti pada negeri.