Sebagai wujud pelaksanaan “Angkasa Cinta Pramuka dan Dirgantara” yang merupakan salah satu program unggulan sekolah, Gudep 08-161/162 SMA Angkasa 2 Halim Perdanakusuma, telah melantik 530 orang penegak menjadi Penegak Bantara. Pelantikan Penegak Bantara terbesar sepanjang sejarah pendidikan kepramukaan di SMA Angkasa 2 (dan mungkin di banyak sekolah/Gugus Depan) ini, dikemas dalam giat Perjusa (Perkemahan Jum’at-Sabtu), 7-8 September 2018. Kegiatan ini melengkapi giat sebelumnya berupa pelantikan 24 Penegak Laksana (setingkat di atas Penegak Bantara).

Para penegak yang dilantik dipersyaratkan telah memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU) sebagai Penegak Bantara, serta mendapatkan materi tentang pionering, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Empat Pilar Kebangsaan dan Kesehatan Lapangan (Keslap). Setelah berjalan kaki sekitar 12 km, seluruh peserta akhirnya melakukan pencarian TKU (Tanda Kecakapan Umum) Penegak Bantara, yang disimpan secara tersembunyi oleh para Pembina. Dari keseluruhan peserta sebanyak 543 orang, 13 orang diantaranya gugur (tidak memenuhi syarat), dan harus mengulang tahun depan.

Pelantikan dihadiri oleh Pembina Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Makasar serta orang tua/wali peserta giat, yang langsung menyematkan TKU kepada masing-masing putra-putrinya.

Dalam sambutan pelantikannya, Kamabigus yang diwakili oleh Wakamabigus 08-161/162 berharap agar pasca dilantiknya para peserta menjadi Penegak Bantara, mereka dapat mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan kepramukaan dalam kehidupan sehari-hariantara lain seperti disiplin, tanggungjawab, kejujuran, cinta lingkungan, dan cinta tanah air.